H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik

Rabu, 2 Apr 2025 10:21
    Bagikan  
H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik
Humas KAI

Stasiun Cirebon Mulai Ramai Dipadati Penumpang Arus Balik, Rabu (2/4).

RINGKASNEWS.ID - Arus balik Lebaran mulai terasa di Stasiun Cirebon pada H+2 Lebaran, Rabu (2/4/2025). KAI Daop 3 Cirebon mencatat lonjakan penumpang dengan total 10.102 orang menggunakan kereta.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan, angka ini meningkat dibandingkan H+1 Lebaran yang mencapai 9.116 penumpang.

"Kami mengimbau calon penumpang untuk segera memesan tiket agar tidak kehabisan, mengingat libur Lebaran masih berlangsung," ujar Muhib.

Menurutnya, selama 13 hari masa angkutan Lebaran, dari 21 Maret hingga 2 April 2025, KAI Daop 3 Cirebon telah melayani 193.101 penumpang. 

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 71.602 penumpang diberangkatkan, sementara 121.499 penumpang tiba di wilayah Daop 3 Cirebon," ungkapnya.

Muhib memaparkan bahwa lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi selama periode tersebut adalah Stasiun Cirebon dengan 28.605 penumpang.

Sementara, stasiun Cirebon Prujakan (13.742 penumpang), Stasiun Jatibarang (8.752 penumpang), Stasiun Brebes (6.882 penumpang), dan Stasiun Haurgeulis (4.819 penumpang). 

"Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama untuk mudik," tambah Muhibbuddin.

Hingga 1 April 2025 pukul 14.00 WIB, tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa angkutan Lebaran mencapai 113.893 tiket atau sekitar 74% dari total kapasitas 153.296 tiket. 

Beberapa kereta api yang beroperasi dari Daop 3 Cirebon di antaranya KA Gunung Jati (Semarang Tawang Bank Jateng-Cirebon-Gambir PP), KA Cakrabuana (Purwokerto-Cirebon-Gambir PP), KA Ranggajati (Cirebon-Jember PP), dan KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Poncol serta Brebes-Semarang Poncol).

Muhibbuddin mengingatkan calon penumpang untuk mengalokasikan waktu perjalanan ke stasiun agar tidak terlambat mengingat kepadatan lalu lintas arus balik. 

Ia juga menyarankan pengguna Stasiun Cirebon memanfaatkan layanan Face Recognition Boarding Gate guna mempercepat proses boarding tanpa perlu menunjukkan tiket fisik atau kartu identitas.

"Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran arus balik Lebaran 2025," tandasnya.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

BGN Latih Warga Bekasi untuk Perkuat Dukungan terhadap Program MBG
Weringin Jajar Gelar Gegesik Creative Festival 2025, Puluhan Kesenian Lokal Tampil
KAI Daop 3 Cirebon Layani Angkutan Motor Gratis Selama Libur Nataru
DPR dan BGN Dorong Program Makan Bergizi Gratis di Lubuk Linggau
Jelajah Kota Wali Fun Run 2025, OJK dan BI Ajak Warga Cirebon Melek Keuangan
Listrik Sumatra Barat Pulih 100 Persen, Agam Jadi Wilayah Terakhir yang Menyala
Pelaku UMKM di Bandung Dibekali Pelatihan untuk Program MBG
KAI Daop 3 Cirebon Sediakan 74.988 Tiket Selama Angkutan Nataru
Dana Hibah Atlet Difabel Bekasi Rp 7,1 Miliar Diduga Dikorupsi, Ketua dan Mantan Bendahara NPCI Jadi Tersangka
Program Makan Bergizi Gratis di Batam Fokus Jamin Keamanan dan Kualitas Pangan
Tren Rapat di Alam Terbuka, Hotel Santika Linggarjati Tawarkan Paket Kick Off Meeting
Kemenekraf Ajak Kreator Cirebon Manfaatkan Film untuk Monetisasi Kreativitas
PLN untuk Rakyat, Dukung Penguatan Desa Wisata Ciawigajah Lewat D’Sarongge Festival
Edukasi Gizi di Bali Fokus pada Pembiasaan Makan Sehat di Keluarga
Lanal Cirebon Bongkar Modus Baru Penyelundupan Pakaian dari Malaysia ke Patimban
Penerapan MBG di Gianyar Fokus pada Edukasi Gizi dan Komunikasi Publik
MBG Hadir di Buleleng, Keluarga Diminta Lebih Cermat Mengatur Gizi Anak
Desa Suci Cirebon Jadi Pusat Kolaborasi UMKM dan Petani untuk Program MBG
BGN Latih UMKM Sukabumi Perkuat Rantai Pasok Program MBG
PLN Kebut Pemulihan Listrik Aceh Lewat Kolaborasi Lintas Instansi
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio