H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik

Rabu, 2 Apr 2025 10:21
    Bagikan  
H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik
Humas KAI

Stasiun Cirebon Mulai Ramai Dipadati Penumpang Arus Balik, Rabu (2/4).

RINGKASNEWS.ID - Arus balik Lebaran mulai terasa di Stasiun Cirebon pada H+2 Lebaran, Rabu (2/4/2025). KAI Daop 3 Cirebon mencatat lonjakan penumpang dengan total 10.102 orang menggunakan kereta.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan, angka ini meningkat dibandingkan H+1 Lebaran yang mencapai 9.116 penumpang.

"Kami mengimbau calon penumpang untuk segera memesan tiket agar tidak kehabisan, mengingat libur Lebaran masih berlangsung," ujar Muhib.

Menurutnya, selama 13 hari masa angkutan Lebaran, dari 21 Maret hingga 2 April 2025, KAI Daop 3 Cirebon telah melayani 193.101 penumpang. 

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 71.602 penumpang diberangkatkan, sementara 121.499 penumpang tiba di wilayah Daop 3 Cirebon," ungkapnya.

Muhib memaparkan bahwa lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi selama periode tersebut adalah Stasiun Cirebon dengan 28.605 penumpang.

Sementara, stasiun Cirebon Prujakan (13.742 penumpang), Stasiun Jatibarang (8.752 penumpang), Stasiun Brebes (6.882 penumpang), dan Stasiun Haurgeulis (4.819 penumpang). 

"Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama untuk mudik," tambah Muhibbuddin.

Hingga 1 April 2025 pukul 14.00 WIB, tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa angkutan Lebaran mencapai 113.893 tiket atau sekitar 74% dari total kapasitas 153.296 tiket. 

Beberapa kereta api yang beroperasi dari Daop 3 Cirebon di antaranya KA Gunung Jati (Semarang Tawang Bank Jateng-Cirebon-Gambir PP), KA Cakrabuana (Purwokerto-Cirebon-Gambir PP), KA Ranggajati (Cirebon-Jember PP), dan KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Poncol serta Brebes-Semarang Poncol).

Muhibbuddin mengingatkan calon penumpang untuk mengalokasikan waktu perjalanan ke stasiun agar tidak terlambat mengingat kepadatan lalu lintas arus balik. 

Ia juga menyarankan pengguna Stasiun Cirebon memanfaatkan layanan Face Recognition Boarding Gate guna mempercepat proses boarding tanpa perlu menunjukkan tiket fisik atau kartu identitas.

"Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran arus balik Lebaran 2025," tandasnya.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Cirebon Jadi Pusat Pembelajaran Budaya bagi Siswa Jawa Barat
Gencarkan Edukasi Gizi, Program MBG Sasar Masyarakat Indramayu
Truk Tangki BBM Meledak di Cianjur, Pos Polisi dan Ruko Hangus Terbakar
Program Makan Bergizi Gratis Didorong Jadi Gerakan Nasional di Cirebon
Urus SKCK Kini Bisa dari Rumah lewat Aplikasi Polri Super APP
Polres Cirebon Kota Buka Layanan Aduan Korban Penarikan Kendaraan oleh Debt Collector
Kurang dari Lima Menit, Rp600 Juta Terkumpul untuk Rutilahu di Kota Cirebon
Pemerintah Perluas Program Makan Bergizi Gratis ke Wilayah Kampar-Riau
“Cooking Heroes: Teen Battle”, Cara Santika Premiere Linggarjati Fasilitasi Remaja Belajar Masak
DPR dan BGN Ajak Warga Bekasi Bangun Kesadaran Gizi Sejak Dini
Keluarga Asal Cirebon yang Terlantar di Aceh Akhirnya Bisa Pulang Berkat Bantuan Banyak Pihak
Pemerintah Pastikan Program Makan Bergizi di Depok Aman dan Tepat Sasaran
Putih Sari Ajak Warga Karang Reja-Bekasi Bersama Tekan Angka Stunting
Santika Indonesia Bersihkan Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon
Program MBG di Cirebon Dorong Kesadaran Pola Makan Sehat Sejak Dini
Jalur KA Semarang Tawang–Alastua Kembali Dilalui dengan Kecepatan Terbatas
Kota Cirebon Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Hingga April 2026
Sally Geovanny: Kami Ingin Bangun Cirebon, Bukan Cari Untung Pribadi
Arzeti Bilbina: Pemenuhan Gizi Anak Kunci Menuju Generasi Emas 2045
Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Ajak Pemuda Jaga Semangat Persatuan di Hari Sumpah Pemuda
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio