H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik

Rabu, 2 Apr 2025 10:21
    Bagikan  
H+2 Lebaran, Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik
Humas KAI

Stasiun Cirebon Mulai Ramai Dipadati Penumpang Arus Balik, Rabu (2/4).

RINGKASNEWS.ID - Arus balik Lebaran mulai terasa di Stasiun Cirebon pada H+2 Lebaran, Rabu (2/4/2025). KAI Daop 3 Cirebon mencatat lonjakan penumpang dengan total 10.102 orang menggunakan kereta.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan, angka ini meningkat dibandingkan H+1 Lebaran yang mencapai 9.116 penumpang.

"Kami mengimbau calon penumpang untuk segera memesan tiket agar tidak kehabisan, mengingat libur Lebaran masih berlangsung," ujar Muhib.

Menurutnya, selama 13 hari masa angkutan Lebaran, dari 21 Maret hingga 2 April 2025, KAI Daop 3 Cirebon telah melayani 193.101 penumpang. 

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 71.602 penumpang diberangkatkan, sementara 121.499 penumpang tiba di wilayah Daop 3 Cirebon," ungkapnya.

Muhib memaparkan bahwa lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi selama periode tersebut adalah Stasiun Cirebon dengan 28.605 penumpang.

Sementara, stasiun Cirebon Prujakan (13.742 penumpang), Stasiun Jatibarang (8.752 penumpang), Stasiun Brebes (6.882 penumpang), dan Stasiun Haurgeulis (4.819 penumpang). 

"Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama untuk mudik," tambah Muhibbuddin.

Hingga 1 April 2025 pukul 14.00 WIB, tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa angkutan Lebaran mencapai 113.893 tiket atau sekitar 74% dari total kapasitas 153.296 tiket. 

Beberapa kereta api yang beroperasi dari Daop 3 Cirebon di antaranya KA Gunung Jati (Semarang Tawang Bank Jateng-Cirebon-Gambir PP), KA Cakrabuana (Purwokerto-Cirebon-Gambir PP), KA Ranggajati (Cirebon-Jember PP), dan KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Poncol serta Brebes-Semarang Poncol).

Muhibbuddin mengingatkan calon penumpang untuk mengalokasikan waktu perjalanan ke stasiun agar tidak terlambat mengingat kepadatan lalu lintas arus balik. 

Ia juga menyarankan pengguna Stasiun Cirebon memanfaatkan layanan Face Recognition Boarding Gate guna mempercepat proses boarding tanpa perlu menunjukkan tiket fisik atau kartu identitas.

"Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran arus balik Lebaran 2025," tandasnya.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Pesan Presiden di Sidang Tahunan, DPRD Kota Cirebon Siap Selaraskan Kebijakan
Warga Cirebon Tolak Kenaikan PBB, Wali Kota Janji Kaji Ulang Perda
Pengasuh Ponpes Al-Khiyaroh Buntet Ajak Warga dan Aparat Jaga Keamanan
Ari Lasso dan Tompi Kompak Soroti Transparansi Royalti WAMI
Nama Bupati Pati Sudewo Muncul di Kasus Suap Proyek Kereta DJKA
Demo Pati Ricuh, Bupati Sudewo Menolak Lepas Jabatan
Jajang Hermawan Resmi Pimpin Kantor Perwakilan BI Cirebon
KAI Daop 3 Salurkan Bantuan TJSL Rp 469 Juta untuk Empat Lokasi di Cirebon dan Indramayu
Menuju Indonesia Emas, BGN Gencarkan Sosialisasi Makan Bergizi Gratis
Langkah Kecil Alyssa Menuju Puncak Tertinggi Jawa Barat
OJK Cirebon Luncurkan Program Desa Ekosistem Keuangan Inklusif di Gunung Kuning Majalengka
Bekasi Siapkan 169 Dapur untuk Dukung Program Makan Bergizi Gratis
13.662 Bantalan Rel Diganti, KAI Daop 3 Cirebon Pastikan Jalur Aman
Satori dan Heri Gunawan Diduga Terima Miliaran Rupiah dari Dana CSR BI dan OJK
Menjelang Porprov, Bupati Imron Kritik Konflik Internal KONI Cirebon
DPR dan BGN Sosialisasikan Program Makan Bergizi Gratis di OKU Timur
Indosat Gunakan AI Cegah Spam dan Scam, Fokus di Jabodetabek hingga Jabar
MBG Tak Hanya Penuhi Gizi, Tapi Juga Buka Lapangan Kerja
Dalam Pembahasan KUA-PPAS 2026, Ketua DPRD Sophi Soroti BPJS dan Layanan RSUD
DJP, Minerba, dan SKK Migas Sepakat Awasi Penerimaan Negara dari Sektor Tambang dan Migas
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio