Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025

Selasa, 14 Oct 2025 18:53
    Bagikan  
Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025
Dok.Humas KAI

PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat layanan mencapai 2,9 juta pelanggan hingga triwulan III 2025.

RINGKASNEWS.ID - Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api terus menunjukkan tren positif. PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat telah melayani 2.966.503 pelanggan sepanjang Januari hingga September 2025.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.505.764 penumpang yang berangkat dan 1.460.739 penumpang yang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 3 Cirebon.

“Angka ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, dalam keterangannya, Senin (14/10/2025).

Menurutnya, lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada April dan Juni 2025, seiring dengan momen Lebaran dan libur sekolah.

“Puncak kepadatan terjadi pada April dan Juni karena adanya arus mudik serta masa liburan,” kata Muhib.

Adapun stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Cirebon dengan 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan 328.195 pelanggan, Stasiun Jatibarang 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan, dan Stasiun Haurgeulis 105.082 pelanggan.

Sementara itu, dari sisi kelas layanan, hingga triwulan III 2025 terdapat 141.429 penumpang kelas eksekutif, 4.027 kelas bisnis, dan 372.222 kelas ekonomi.

Muhibbuddin menambahkan, peningkatan jumlah penumpang mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api.

“Ini bukan sekadar soal angka, tetapi menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya pada kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Untuk menjaga kepercayaan publik, KAI Daop 3 terus melakukan peningkatan layanan, di antaranya dengan mengoperasikan face recognition gate, menyediakan minuman gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta menata sejumlah stasiun di wilayah operasionalnya.

Selain itu, ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus membaik, dengan rata-rata mencapai 97,90 persen hingga triwulan III 2025.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya. KAI akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik agar kereta api tetap menjadi pilihan utama dalam bepergian,” tutup Muhib.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Listrik Sumatra Barat Pulih 100 Persen, Agam Jadi Wilayah Terakhir yang Menyala
KAI Daop 3 Cirebon Sediakan 74.988 Tiket Selama Angkutan Nataru
Dana Hibah Atlet Difabel Bekasi Rp 7,1 Miliar Diduga Dikorupsi, Ketua dan Mantan Bendahara NPCI Jadi Tersangka
Program Makan Bergizi Gratis di Batam Fokus Jamin Keamanan dan Kualitas Pangan
Tren Rapat di Alam Terbuka, Hotel Santika Linggarjati Tawarkan Paket Kick Off Meeting
Kemenekraf Ajak Kreator Cirebon Manfaatkan Film untuk Monetisasi Kreativitas
PLN untuk Rakyat, Dukung Penguatan Desa Wisata Ciawigajah Lewat D’Sarongge Festival
Edukasi Gizi di Bali Fokus pada Pembiasaan Makan Sehat di Keluarga
Lanal Cirebon Bongkar Modus Baru Penyelundupan Pakaian dari Malaysia ke Patimban
Penerapan MBG di Gianyar Fokus pada Edukasi Gizi dan Komunikasi Publik
MBG Hadir di Buleleng, Keluarga Diminta Lebih Cermat Mengatur Gizi Anak
Desa Suci Cirebon Jadi Pusat Kolaborasi UMKM dan Petani untuk Program MBG
PLN Kebut Pemulihan Listrik Aceh Lewat Kolaborasi Lintas Instansi
Edukasi Gizi Jadi Fokus Program MBG di Tabanan-Bali
“Out Of Line” Karya Sineas Cirebon Jadi Film Terfavorit TVRI Jabar 2025
Komisi XI DPR RI Kunjungi OJK Cirebon Bahas Stabilitas dan Literasi Keuangan
DPRD Kabupaten Cirebon Fasilitasi Dialog Buruh soal UMSK 2026
APBD 2026 Kota Cirebon Prioritaskan Pendidikan dan Kesehatan
Lonjakan Aduan Publik Jadi Dasar Evaluasi, Purbaya Ancam Bekukan Bea Cukai
KAI Kerjakan Perbaikan Rel di Dua Perlintasan Kota Cirebon
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio