Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025

Selasa, 14 Oct 2025 18:53
    Bagikan  
Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025
Dok.Humas KAI

PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat layanan mencapai 2,9 juta pelanggan hingga triwulan III 2025.

RINGKASNEWS.ID - Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api terus menunjukkan tren positif. PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat telah melayani 2.966.503 pelanggan sepanjang Januari hingga September 2025.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.505.764 penumpang yang berangkat dan 1.460.739 penumpang yang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 3 Cirebon.

“Angka ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, dalam keterangannya, Senin (14/10/2025).

Menurutnya, lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada April dan Juni 2025, seiring dengan momen Lebaran dan libur sekolah.

“Puncak kepadatan terjadi pada April dan Juni karena adanya arus mudik serta masa liburan,” kata Muhib.

Adapun stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Cirebon dengan 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan 328.195 pelanggan, Stasiun Jatibarang 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan, dan Stasiun Haurgeulis 105.082 pelanggan.

Sementara itu, dari sisi kelas layanan, hingga triwulan III 2025 terdapat 141.429 penumpang kelas eksekutif, 4.027 kelas bisnis, dan 372.222 kelas ekonomi.

Muhibbuddin menambahkan, peningkatan jumlah penumpang mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api.

“Ini bukan sekadar soal angka, tetapi menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya pada kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Untuk menjaga kepercayaan publik, KAI Daop 3 terus melakukan peningkatan layanan, di antaranya dengan mengoperasikan face recognition gate, menyediakan minuman gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta menata sejumlah stasiun di wilayah operasionalnya.

Selain itu, ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus membaik, dengan rata-rata mencapai 97,90 persen hingga triwulan III 2025.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya. KAI akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik agar kereta api tetap menjadi pilihan utama dalam bepergian,” tutup Muhib.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025
Agus ‘Jigus’ Kurniawan Pimpin KONI Kabupaten Cirebon, Targetkan Lompatan Prestasi
Cuaca Panas Oktober 2025 Bukan Gelombang Panas, Ini Penjelasan BMKG
PKH dan BPNT Tahap 4 Cair Oktober–Desember 2025, Warga Diminta Ikuti Jalur Resmi
DPR dan BGN Ajak Warga Bandung Pahami Pentingnya Gizi Seimbang Anak
Bobol Toko di Kawasan Kecapi, Pria di Cirebon Ditangkap Polisi dalam Waktu Singkat
Akses ke Bandara Kertajati Akan Disambungkan Lewat Jalur Kereta
Timnas Indonesia Gagal ke Piala Dunia 2026, tapi Performa Mulai Menjanjikan
3.000 Lowongan Dibuka di Job Fair Cirebon Power, Sejumlah Perusahaan Gelar Wawancara Langsung
BGN dan Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Program Gizi Seimbang di Bekasi
Piala Kajari Jadi Awal Kebangkitan Taekwondo di Kabupaten Cirebon
Petugas Gabungan Sisir Lapas Cirebon, Sejumlah Barang Tak Semestinya Ditemukan
Barang Bukti dari 119 Kasus Dimusnahkan Kejari Kabupaten Cirebon
Pemerintah Sosialisasikan Program Makan Bergizi Gratis di Bekasi
KAI Daop 3 Cirebon Siapkan Lahan Strategis untuk Disewa Masyarakat
Program MBG Disambut Antusias Warga Pagerluyung Mojokerto
Fenomena Bola Api dan Dentuman Keras di Langit Cirebon Hebohkan Warga
Sosialisasi MBG di Jombang, DPR RI Dorong Peningkatan Gizi Menuju Indonesia Emas 2045
Madiun Jadi Lokasi Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis, Ini Tujuannya
Warga Desa Jiwan-Madiun Dapat Edukasi soal Pentingnya Gizi Seimbang
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio