Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025

Selasa, 14 Oct 2025 18:53
    Bagikan  
Lonjakan Penumpang Kereta di Daop 3 Cirebon Capai 2,9 Juta hingga September 2025
Dok.Humas KAI

PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat layanan mencapai 2,9 juta pelanggan hingga triwulan III 2025.

RINGKASNEWS.ID - Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api terus menunjukkan tren positif. PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat telah melayani 2.966.503 pelanggan sepanjang Januari hingga September 2025.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.505.764 penumpang yang berangkat dan 1.460.739 penumpang yang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 3 Cirebon.

“Angka ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api masih sangat tinggi,” ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, dalam keterangannya, Senin (14/10/2025).

Menurutnya, lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada April dan Juni 2025, seiring dengan momen Lebaran dan libur sekolah.

“Puncak kepadatan terjadi pada April dan Juni karena adanya arus mudik serta masa liburan,” kata Muhib.

Adapun stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Cirebon dengan 595.774 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan 328.195 pelanggan, Stasiun Jatibarang 212.635 pelanggan, Stasiun Brebes 159.057 pelanggan, dan Stasiun Haurgeulis 105.082 pelanggan.

Sementara itu, dari sisi kelas layanan, hingga triwulan III 2025 terdapat 141.429 penumpang kelas eksekutif, 4.027 kelas bisnis, dan 372.222 kelas ekonomi.

Muhibbuddin menambahkan, peningkatan jumlah penumpang mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api.

“Ini bukan sekadar soal angka, tetapi menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya pada kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Untuk menjaga kepercayaan publik, KAI Daop 3 terus melakukan peningkatan layanan, di antaranya dengan mengoperasikan face recognition gate, menyediakan minuman gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta menata sejumlah stasiun di wilayah operasionalnya.

Selain itu, ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus membaik, dengan rata-rata mencapai 97,90 persen hingga triwulan III 2025.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya. KAI akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik agar kereta api tetap menjadi pilihan utama dalam bepergian,” tutup Muhib.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

DPR Apresiasi Pengelolaan Batu Bara dan Lingkungan di Cirebon Power
Program Makan Bergizi Ikut Gerakkan Ekonomi Warga di Purwakarta
Cirebon Fun Run 2025 Ajak Warga Berolahraga Sambil Jelajahi Kota
Penguatan Gizi Anak Jadi Fokus Cegah Stunting di Malang
Polisi Tangkap Penjual Obat Keras Tanpa Izin di Kedawung
Kolaborasi Berbagai Pihak Dorong Pemahaman Publik Soal Program MBG
Mahasiswa Diduga Jadi Korban Pelecehan saat Praktik di RSUD Waled, IKA UGJ Siapkan Pendampingan
Dukungan Penyediaan Makanan Sehat di Sekolah Dibahas di Bekasi
FISIP UGJ Dampingi Enam Desa di Kuningan Kembangkan Website Layanan Publik
Sempat Melawan Saat Digerebek, Residivis Narkoba di Cirebon Akhirnya Ditangkap
LPK Juara Bangsa Buka Peluang Kerja ke Kapal Pesiar dan Hotel Internasional
Pemkot Cirebon Siapkan Semua Unsur Hadapi Potensi Banjir dan Longsor
Kolaborasi Jadi Kunci Peningkatan Gizi Masyarakat di Bogor
Jaga Keandalan Operasional, KAI Daop 3 Cirebon Ganti Material Jalur Rel
Cirebon Jadi Pusat Pembelajaran Budaya bagi Siswa Jawa Barat
Pemerintah Dorong Pemenuhan Gizi Anak untuk Indonesia Emas 2045
Raperwan Kode Etik DPRD Kabupaten Cirebon Siap Diparipurnakan
Gencarkan Edukasi Gizi, Program MBG Sasar Masyarakat Indramayu
Truk Tangki BBM Meledak di Cianjur, Pos Polisi dan Ruko Hangus Terbakar
Program Makan Bergizi Gratis Didorong Jadi Gerakan Nasional di Cirebon
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio