KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun

Kamis, 19 Jun 2025 12:19
    Bagikan  
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Humas KAI

Petugas KAI Daop 3 saat memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api.

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam di sejumlah stasiun utama. Fasilitas ini disiapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang yang membutuhkan pemeriksaan atau penanganan medis, baik sebelum maupun selama perjalanan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan layanan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman, termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

“Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, baik di stasiun maupun di atas kereta, petugas kami siap memberikan bantuan. Kami telah menyiapkan pos kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” ujar Muhib, Rabu (19/6/2025).

Saat ini, terdapat empat pos kesehatan yang beroperasi penuh di wilayah Daop 3 Cirebon, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Arjawinangun, dan Brebes. Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat ringan, konsultasi medis, hingga penanganan darurat jika diperlukan.

"Keluhan yang paling sering ditangani antara lain kelelahan dan gangguan pencernaan ringan. Petugas medis di pos tersebut telah dibekali pelatihan serta perlengkapan medis standar untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat," terang Muhib.

Sepanjang 2024, tercatat sebanyak 729 penumpang memanfaatkan layanan kesehatan ini, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Cirebon. Sementara pada Januari hingga Mei 2025, tercatat 269 penumpang telah dilayani.

Selain pos kesehatan di stasiun, KAI juga mengoperasikan Klinik Mediska yang berlokasi di dekat stasiun, serta bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta untuk menangani kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

“Melalui layanan ini, kami ingin memastikan setiap penumpang bisa bepergian dengan tenang. Kami juga mengimbau agar penumpang tidak ragu memanfaatkan fasilitas yang tersedia jika merasa tidak sehat,” pungkas Muhib.


Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Pesan Presiden di Sidang Tahunan, DPRD Kota Cirebon Siap Selaraskan Kebijakan
Warga Cirebon Tolak Kenaikan PBB, Wali Kota Janji Kaji Ulang Perda
Pengasuh Ponpes Al-Khiyaroh Buntet Ajak Warga dan Aparat Jaga Keamanan
Ari Lasso dan Tompi Kompak Soroti Transparansi Royalti WAMI
Nama Bupati Pati Sudewo Muncul di Kasus Suap Proyek Kereta DJKA
Demo Pati Ricuh, Bupati Sudewo Menolak Lepas Jabatan
Jajang Hermawan Resmi Pimpin Kantor Perwakilan BI Cirebon
KAI Daop 3 Salurkan Bantuan TJSL Rp 469 Juta untuk Empat Lokasi di Cirebon dan Indramayu
Menuju Indonesia Emas, BGN Gencarkan Sosialisasi Makan Bergizi Gratis
Langkah Kecil Alyssa Menuju Puncak Tertinggi Jawa Barat
OJK Cirebon Luncurkan Program Desa Ekosistem Keuangan Inklusif di Gunung Kuning Majalengka
Bekasi Siapkan 169 Dapur untuk Dukung Program Makan Bergizi Gratis
13.662 Bantalan Rel Diganti, KAI Daop 3 Cirebon Pastikan Jalur Aman
Satori dan Heri Gunawan Diduga Terima Miliaran Rupiah dari Dana CSR BI dan OJK
Menjelang Porprov, Bupati Imron Kritik Konflik Internal KONI Cirebon
DPR dan BGN Sosialisasikan Program Makan Bergizi Gratis di OKU Timur
Indosat Gunakan AI Cegah Spam dan Scam, Fokus di Jabodetabek hingga Jabar
MBG Tak Hanya Penuhi Gizi, Tapi Juga Buka Lapangan Kerja
Dalam Pembahasan KUA-PPAS 2026, Ketua DPRD Sophi Soroti BPJS dan Layanan RSUD
DJP, Minerba, dan SKK Migas Sepakat Awasi Penerimaan Negara dari Sektor Tambang dan Migas
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio