KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun

Kamis, 19 Jun 2025 12:19
    Bagikan  
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Humas KAI

Petugas KAI Daop 3 saat memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api.

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam di sejumlah stasiun utama. Fasilitas ini disiapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang yang membutuhkan pemeriksaan atau penanganan medis, baik sebelum maupun selama perjalanan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan layanan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman, termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

“Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, baik di stasiun maupun di atas kereta, petugas kami siap memberikan bantuan. Kami telah menyiapkan pos kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” ujar Muhib, Rabu (19/6/2025).

Saat ini, terdapat empat pos kesehatan yang beroperasi penuh di wilayah Daop 3 Cirebon, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Arjawinangun, dan Brebes. Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat ringan, konsultasi medis, hingga penanganan darurat jika diperlukan.

"Keluhan yang paling sering ditangani antara lain kelelahan dan gangguan pencernaan ringan. Petugas medis di pos tersebut telah dibekali pelatihan serta perlengkapan medis standar untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat," terang Muhib.

Sepanjang 2024, tercatat sebanyak 729 penumpang memanfaatkan layanan kesehatan ini, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Cirebon. Sementara pada Januari hingga Mei 2025, tercatat 269 penumpang telah dilayani.

Selain pos kesehatan di stasiun, KAI juga mengoperasikan Klinik Mediska yang berlokasi di dekat stasiun, serta bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta untuk menangani kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

“Melalui layanan ini, kami ingin memastikan setiap penumpang bisa bepergian dengan tenang. Kami juga mengimbau agar penumpang tidak ragu memanfaatkan fasilitas yang tersedia jika merasa tidak sehat,” pungkas Muhib.


Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Santika Indonesia Bersihkan Keraton Kacirebonan dan Gelar Program GM Cilik
Hilmi Riva’i Digeser dari Jabatan Sekda, Kini Pimpin DPMPTSP
Kuliner Nusantara Hadir di Schwarzwaldstube Jerman Lewat Sentuhan Chef Degan
Liburan Sekolah, KAI Kenalkan Kereta Api Lewat Program Edutrain
Pemkot Cirebon Siapkan Surat Edaran Pembatasan Jam Operasional Malam
AKBP Eko Iskandar: Miras Masih Jadi Pemicu Kriminalitas di Kalangan Remaja
Modus Test Drive, Mobil Ditabrak ke Trotoar agar Pemilik Keluar lalu Dibawa Kabur
Esport Ramaikan Hari Jadi Cirebon ke-598, Siap Adu Skill di Cirebon Open 2025
Festival Nasi Jamblang dan Heritage Run Meriahkan Hari Jadi Cirebon ke-598
Oknum Kabidpora Kota Cirebon Dilaporkan Warga karena Dugaan Proyek Fiktif
Delman Lampu Warna-warni Jadi Hiburan Murah Meriah di Tengah Kota Cirebon
Penumpang Kereta Api di Daop 3 Cirebon Naik 19 Persen Selama Libur 1 Muharram dan Sekolah
Sambut 100 Tahun Spensa, Hotel Amaris Cirebon Beri Harga Khusus untuk Alumni
Barista Battle Vol.2 Siap Digelar di Hotel Santika Kuningan, Tantang Kreativitas Pecinta Kopi di Cirebon Raya
Pelapor Minta Kepastian Hukum Usai Penangguhan Penahanan Wika Tandean di Kasus GTC Cirebon
Peringati Hari Bhayangkara, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Dukung Polri Semakin Humanis
DJP Jabar II Catat Realisasi Pajak Capai Rp17,09 Triliun
Kejari Kota Cirebon Kembali Geledah Kantor BPR di Jalan Talang
Hari Bhayangkara ke-79, Polres Ciko Tekankan Peningkatan Pelayanan Publik
Donor Darah Massal BI Cirebon Sasar Rekor MURI, Kolaborasi HUT BI dan Hari Jadi Cirebon
Live Streaming Ringkas Radio Net