KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun

Kamis, 19 Jun 2025 12:19
    Bagikan  
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Humas KAI

Petugas KAI Daop 3 saat memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api.

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam di sejumlah stasiun utama. Fasilitas ini disiapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang yang membutuhkan pemeriksaan atau penanganan medis, baik sebelum maupun selama perjalanan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan layanan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman, termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

“Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, baik di stasiun maupun di atas kereta, petugas kami siap memberikan bantuan. Kami telah menyiapkan pos kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” ujar Muhib, Rabu (19/6/2025).

Saat ini, terdapat empat pos kesehatan yang beroperasi penuh di wilayah Daop 3 Cirebon, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Arjawinangun, dan Brebes. Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat ringan, konsultasi medis, hingga penanganan darurat jika diperlukan.

"Keluhan yang paling sering ditangani antara lain kelelahan dan gangguan pencernaan ringan. Petugas medis di pos tersebut telah dibekali pelatihan serta perlengkapan medis standar untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat," terang Muhib.

Sepanjang 2024, tercatat sebanyak 729 penumpang memanfaatkan layanan kesehatan ini, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Cirebon. Sementara pada Januari hingga Mei 2025, tercatat 269 penumpang telah dilayani.

Selain pos kesehatan di stasiun, KAI juga mengoperasikan Klinik Mediska yang berlokasi di dekat stasiun, serta bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta untuk menangani kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

“Melalui layanan ini, kami ingin memastikan setiap penumpang bisa bepergian dengan tenang. Kami juga mengimbau agar penumpang tidak ragu memanfaatkan fasilitas yang tersedia jika merasa tidak sehat,” pungkas Muhib.


Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

Pengunjung Meningkat, Situ Cipanten Jadi Contoh Keberhasilan Desa EKI
OJK Cirebon Catat Kredit BPR Tembus Rp2,08 Triliun
Prabu Diaz Minta Penertiban PKL Sukalila Dilakukan Secara Humanis
10 Kios di Lahan Aset KAI di Jatiwangi Ditertibkan
Edukasi Program MBG di Depok Kian Diperluas untuk Jangkau Lebih Banyak Warga
Dana Perbaikan Rumah Ambruk Tahap Dua Tak Kunjung Cair, Anggota DPRD Rinna Suryanti Soroti Penyebabnya
Apa yang Harus Dilakukan Saat Banjir Mengancam? Ini Imbauan BPBD Kabupaten Cirebon
Gunung Semeru Erupsi, Semburkan Awan Panas Hingga 7 Kilometer
Galaxy Z Fold7 Unggulkan Multitasking dan Integrasi Gemini Live
Santika Indonesia Raih Penghargaan “Produk Hotel Terbaik” di API 2025
Durian Indonesia Tunjukkan Potensi Besar di Industri Global
KAI Daop 3 Benahi Fasilitas di Sejumlah Stasiun Jelang Nataru
Indosat Gandeng SMK Walang Jaya Hadirkan Pembelajaran Bisnis Melalui Kios Sekolah
DJP Jabar II Serahkan Tersangka Pengemplang PPN ke Kejari Karawang, Kerugian Negara Rp196 Juta
Operasi Zebra Lodaya 2025 Digelar, Polisi Awasi Titik Rawan Pelanggaran di Kota Cirebon
Terseret Ombak Mendadak, Dua Pemancing Hilang di Karang Selatan Sukabumi
Gunung Sakurajima Meletus, Kolom Abu Capai 4,4 Kilometer
DPC Demokrat Cirebon Mulai Bangun Kantor Permanen di Sumber
Pemerintah Siapkan 100 Koperasi Besar untuk Mendampingi Koperasi Desa Merah Putih
Sekjen Demokrat Herman Khaeron Dukung Pelestarian Wayang Kulit di Keraton Kanoman
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio