KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun

Kamis, 19 Jun 2025 12:19
    Bagikan  
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Humas KAI

Petugas KAI Daop 3 saat memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api.

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam di sejumlah stasiun utama. Fasilitas ini disiapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang yang membutuhkan pemeriksaan atau penanganan medis, baik sebelum maupun selama perjalanan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan layanan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman, termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

“Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, baik di stasiun maupun di atas kereta, petugas kami siap memberikan bantuan. Kami telah menyiapkan pos kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” ujar Muhib, Rabu (19/6/2025).

Saat ini, terdapat empat pos kesehatan yang beroperasi penuh di wilayah Daop 3 Cirebon, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Arjawinangun, dan Brebes. Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat ringan, konsultasi medis, hingga penanganan darurat jika diperlukan.

"Keluhan yang paling sering ditangani antara lain kelelahan dan gangguan pencernaan ringan. Petugas medis di pos tersebut telah dibekali pelatihan serta perlengkapan medis standar untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat," terang Muhib.

Sepanjang 2024, tercatat sebanyak 729 penumpang memanfaatkan layanan kesehatan ini, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Cirebon. Sementara pada Januari hingga Mei 2025, tercatat 269 penumpang telah dilayani.

Selain pos kesehatan di stasiun, KAI juga mengoperasikan Klinik Mediska yang berlokasi di dekat stasiun, serta bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta untuk menangani kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

“Melalui layanan ini, kami ingin memastikan setiap penumpang bisa bepergian dengan tenang. Kami juga mengimbau agar penumpang tidak ragu memanfaatkan fasilitas yang tersedia jika merasa tidak sehat,” pungkas Muhib.


Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

KAI Daop 3 Cirebon Siapkan Lahan Strategis untuk Disewa Masyarakat
Fenomena Bola Api dan Dentuman Keras di Langit Cirebon Hebohkan Warga
Kepala BPKPD Kota Cirebon dan Jajarannya Diperiksa Kejari Soal Temuan BPK 2023
Pimpinan DPRD Apresiasi Dedikasi Sekwan Asep dan Puti di Akhir Masa Tugas
Kejari Kota Cirebon Gunakan Data PPATK untuk Ungkap Korupsi Gedung Setda
September 2025, Pemkot Cirebon Kucurkan Rp1,49 Miliar untuk Kejaksaan
Festival Kuliner Bandung, UMKM Terbantu Jaringan Andal Indosat
Serangan Predator di Kuningan, Total 38 Kambing Tewas
ID Wartawan Dicabut setelah Tanyakan MBG, Dewan Pers Minta Penjelasan Istana
Hibah Rp6,3 Miliar Pemkot Cirebon untuk Kejari Dinilai Tidak Relevan oleh Kaukus Muda
Perjalanan 70 Tahun CIMB Niaga, Inovasi dan Kontribusi untuk Negeri
Pelaku UMKM Jadi Penopang Kelancaran Program Makan Bergizi Gratis
Paripurna DPRD Kabupaten Cirebon, Bupati Sampaikan Jawaban atas Pandangan Fraksi Soal Raperda APBD 2026
Perubahan APBD 2025 Kota Cirebon Disahkan, Defisit Rp47 Miliar
Ribuan Pelajar di Jabar Keracunan Massal Usai Santap MBG
KA Tawangjaya Premium Tertemper Mobil di Cirebon, Dua Orang Tewas
PMI Kota Cirebon Peringati HUT ke-80, Relawan Dapat Apresiasi
Paripurna DPRD Kabupaten Cirebon: Fraksi Dorong Optimalisasi PAD di APBD 2026
Komisi III DPRD Kota Cirebon Sidak Dapur MBG, Tinjau Pengolahan dan Distribusi
Nostalgia Perkeretaapian, KAI Daop 3 Cirebon Gelar Pameran Foto Gratis di Stasiun
Live Streaming Ringkas Radio Net
ringkas radio net
Online Radio