KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun

Kamis, 19 Jun 2025 12:19
    Bagikan  
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Humas KAI

Petugas KAI Daop 3 saat memeriksa kondisi kesehatan penumpang kereta api.

RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam di sejumlah stasiun utama. Fasilitas ini disiapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang yang membutuhkan pemeriksaan atau penanganan medis, baik sebelum maupun selama perjalanan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengatakan layanan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman, termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

“Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, baik di stasiun maupun di atas kereta, petugas kami siap memberikan bantuan. Kami telah menyiapkan pos kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” ujar Muhib, Rabu (19/6/2025).

Saat ini, terdapat empat pos kesehatan yang beroperasi penuh di wilayah Daop 3 Cirebon, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Arjawinangun, dan Brebes. Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat ringan, konsultasi medis, hingga penanganan darurat jika diperlukan.

"Keluhan yang paling sering ditangani antara lain kelelahan dan gangguan pencernaan ringan. Petugas medis di pos tersebut telah dibekali pelatihan serta perlengkapan medis standar untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat," terang Muhib.

Sepanjang 2024, tercatat sebanyak 729 penumpang memanfaatkan layanan kesehatan ini, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Cirebon. Sementara pada Januari hingga Mei 2025, tercatat 269 penumpang telah dilayani.

Selain pos kesehatan di stasiun, KAI juga mengoperasikan Klinik Mediska yang berlokasi di dekat stasiun, serta bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta untuk menangani kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

“Melalui layanan ini, kami ingin memastikan setiap penumpang bisa bepergian dengan tenang. Kami juga mengimbau agar penumpang tidak ragu memanfaatkan fasilitas yang tersedia jika merasa tidak sehat,” pungkas Muhib.


Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Caruban Promosindo

Berita Terbaru

33 Aset Penunggak Pajak di Jabar Disita, Nilainya Capai Rp10,8 Miliar
KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Layanan Kesehatan 24 Jam di Stasiun
Daftar Haji Kini Bisa dari Rumah, CIMB Niaga Syariah Luncurkan Layanan di OCTO Mobile
10 Tahun CEF, Kuningan Kembali Jadi Tuan Rumah Festival UMKM Ciayumajakuning
Dua Penambang Tertimbun Longsor di Tambang Ilegal Argasunya Kota Cirebon
Eks Manajer PT CHASS Dilaporkan ke Polda Jabar, Diduga Gelapkan Alat Berat Rp8 Miliar
Komplotan Begal di Cirebon Ditangkap Polisi, Motor Curian Dijual Lewat Marketplace
Viral Video “Wak Wok” di Kota Cirebon, Kapolres Minta Maaf dan Lakukan Penertiban
Pekan Sita Serentak 2025, DJP Targetkan 133 Aset di Jawa Barat
Sat Resnarkoba Polres Cirebon Kota Tangkap Bandar Sabu dan Ganja dalam Jumlah Besar
Herman Khaeron Dukung Kreativitas Warga Lewat Festival Milm Kampung Cirebon
Kementerian LH Beri Waktu 6 Bulan untuk Perbaikan TPA Kopiluhur
KAI Daop 3 Cirebon Salurkan Rp 463 Juta Lewat Program TJSL Semester I 2025
Lurah Kecapi Apresiasi Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Cirebon
PLN UIT JBT Ajak Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Kejawanan dan Tanam Mangrove
Sekda Hilmy: Penipuan Kerja di Subang Harus Jadi Pelajaran
Robi Awan Gebrak Industri Musik Tanah Air dengan Lima Album di Tahun 2025
Cuti Bersama Idul Adha, 24.000 Lebih Tiket KA Daop 3 Cirebon Terjual
Tinggal Seorang Diri, Pria di Perumnas Cirebon Tewas Misterius di Dalam Rumah
Rakor Antikorupsi, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tegaskan Komitmen Cegah Korupsi di Daerah
Live Streaming Ringkas Radio Net