RINGKASNEWS.ID - KAI Daop 3 Cirebon membekali petugas frontliner untuk menghadapi lonjakan penumpang selama masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).
Pembinaan digelar selama dua hari, 11–12 Desember 2025, menjelang periode angkutan Nataru yang berlangsung selama 18 hari, mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Kegiatan pembinaan dibuka oleh Vice President Daop 3 Cirebon Sigit Winarto bersama Manager Angkutan Penumpang Rizki Afrida.
Sebanyak 61 peserta yang terdiri dari Customer Service On Station (CSOS), announcer, dan ticketing officer mengikuti kegiatan ini dengan pemateri dari internal KAI.
Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin mengatakan, pembinaan tersebut dilakukan untuk memastikan petugas garda terdepan siap memberikan pelayanan optimal di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat pada libur akhir tahun.
“Angkutan Nataru identik dengan lonjakan jumlah penumpang yang cukup tinggi dibandingkan hari biasa. Karena itu, kesiapan petugas frontliner menjadi kunci agar pelayanan tetap berjalan lancar dan pelanggan merasa nyaman,” ujar Muhibbuddin, Jumat (12/12).
Dalam pembinaan ini, peserta mendapatkan penyegaran terkait regulasi terbaru, penanganan komplain pelanggan, serta penguatan komitmen pelayanan dengan mengusung motto Semakin Melayani. Materi juga mencakup teknik komunikasi efektif guna menghadapi berbagai situasi pelayanan di lapangan.
Selain pembekalan teori, kegiatan ini dilengkapi dengan sesi praktik dan simulasi. Melalui metode tersebut, petugas diharapkan mampu menerapkan materi secara langsung, terutama dalam merespons kendala dan keluhan pelanggan dengan cepat dan tepat.
“Momen Nataru merupakan periode dengan mobilitas pelanggan yang sangat tinggi. Melalui pembinaan ini, kami ingin memastikan seluruh frontliner Daop 3 Cirebon siap, baik dari sisi pemahaman regulasi, kemampuan komunikasi, maupun penanganan komplain. Kami berkomitmen menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pengguna jasa kereta api,” kata Muhibbuddin.
