RINGKASNEWS.ID - PT KAI Daop 3 Cirebon mengganti 13.662 bantalan beton di jalur rel, sebagai bagian dari upaya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta.
Penggantian dilakukan di 17 Unit Pelaksana Teknis (UPT) resor jalan rel, mulai dari Pabuaran (JR 3.1) hingga Songgom (JR 3.17). Bantalan yang diganti adalah yang rusak atau patah, demi mengembalikan fungsi dan kekuatan jalur sesuai standar keselamatan operasi.
“Bantalan beton yang rusak dapat memengaruhi kestabilan rel dan kenyamanan perjalanan. Jika tidak segera ditangani, kualitas geometri jalur bisa menurun dan berisiko pada keselamatan,” kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Sabtu (9/8/2025).
Menurutnya, bantalan rel berfungsi menyangga dan menjaga jarak antarrel agar tetap sesuai standar, sehingga beban kereta dapat terdistribusi merata ke batu ballast dan tanah dasar.
"Proses penggantian dilakukan bertahap, mulai dari pembongkaran bantalan lama, pemeriksaan komponen pendukung, pemasangan bantalan baru, hingga penyesuaian geometri jalur," jelas Muhib.
Muhibbuddin mengatakan, bantalan dalam kondisi baik juga dapat mengurangi getaran, meningkatkan kestabilan, dan memungkinkan kereta melaju dengan kecepatan optimal.
“KAI Daop 3 Cirebon berkomitmen terus melakukan perawatan preventif dan korektif terhadap seluruh jalur, jembatan, dan prasarana lain, demi menghadirkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Muhib.